Tips Membuat Pemasaran Konten Yang Berhasil
Tips Membuat Pemasaran Konten Yang Berhasil – Afika adalah seorang penulis media sosial dengan pengalaman 4 tahun. Dia bersemangat menulis konten yang informatif dan menarik untuk media sosial. Ikuti dia di LinkedIn
Sebelum kita membahas langkah-langkah menyusun strategi content marketing, kita harus mengetahui terlebih dahulu apa yang dimaksud dengan content marketing.
Tips Membuat Pemasaran Konten Yang Berhasil
Content marketing adalah strategi atau teknik pemasaran yang berguna untuk membuat atau mendistribusikan konten yang bernilai, relevan, dan konsisten.
Cara Membuat Konten Instagram Yang Viral
Konten ini berfungsi untuk memperoleh atau menarik target audiens agar terlibat secara tidak langsung dalam melakukan tindakan yang menguntungkan (konversi). Konten pemasaran dapat berupa blog, e-book, video, infografis, podcast, dan lainnya.
Saat Anda membuat konten marketing tentunya tidak bisa dilakukan secara asal-asalan, namun harus memiliki strategi tertentu. Untuk lebih jelasnya, silakan pahami langkah-langkah berikut ini:
Tahapan penyusunan strategi content marketing bisa dimulai dengan memahami dasar-dasar pemasaran, kemudian menetapkan tujuan, menentukan jenis platform, brainstorming, menentukan jenis konten, membuat rencana peluncuran dan melakukan audit. Lihat penjelasannya di bawah ini:
Setelah Anda memahami ketiga prinsip tersebut, segera tentukan tujuan pembuatan strategi content marketing ini. Pembuatan konten pemasaran tentunya harus memiliki tujuan yang jelas agar memiliki arah yang matang.
4 Langkah Membuat Instagram Campaign Yang Sukses
Tujuannya harus spesifik, apa yang ingin Anda capai dengan strategi pemasaran konten ini. Lalu, pastikan tujuan juga memiliki arah yang jelas agar lebih terstruktur.
Jangan lupa sertakan juga tenggat waktu atau tenggat waktu untuk mencapai tujuan tersebut. Langkah ini dilakukan agar proses pembuatan konten benar-benar optimal dan dapat mencapai tujuan.
Ketika konten pemasaran dibuat, kemana konten tersebut akan didistribusikan? Tentunya hal ini perlu Anda pikirkan terlebih dahulu untuk mengetahui arah pembuatan konten. Tentukan platform mana yang akan digunakan untuk mendistribusikan konten.
Ada banyak pilihan platform untuk mempublikasikan konten pemasaran perusahaan Anda. Dari jejaring sosial yang jenisnya sangat beragam, hingga blog. Sebaiknya pemilihan platform juga disesuaikan dengan jenis produk yang ditawarkan dan target audiens yang telah ditentukan.
Ai Content Masterclass
Salah satu langkah strategi pemasaran konten adalah brainstorming. Langkah ini sangat penting dan akan menentukan kualitas konten pemasaran yang akan dibuat nantinya. Proses brainstorming atau bertukar pikiran ini akan menentukan jenis konten yang akan Anda sajikan kepada audiens Anda.
Ada banyak cara untuk melakukan ini pada tahap ini. Dari menonton banyak video pemasaran konten untuk mendapatkan inspirasi hingga membaca sumber tepercaya tentang pemasaran konten. Jangan lupa pada tahap ini juga perlu dilakukan riset kata kunci untuk mengoptimalkan kinerja konten jika berhasil diluncurkan.
Perlu dipahami bahwa ada banyak jenis konten yang bisa dibuat untuk tujuan pemasaran. Tentukan terlebih dahulu jenis konten yang akan Anda buat, apakah itu konten video, blog, e-book, unggahan media sosial, podcast, dan lainnya. Pastikan memilih jenis konten ini berfungsi efektif untuk meningkatkan strategi pemasaran Anda.
Setiap jenis konten bekerja secara berbeda. Tentunya Anda perlu mempertimbangkan kembali siapa target konsumen Anda agar bisa memilih jenis konten yang tepat. Pahami juga kelebihan dan kekurangan setiap jenis konten sehingga Anda dapat mengambil keputusan terbaik.
Tips Menggunakan Ai Untuk Promosi, Cek Caranya Di Sini!
Jika semua konsep sudah siap, segera buat jadwal penerbitan konten. Menentukan jadwal ini sangat penting ketika merencanakan strategi pemasaran konten Anda. Jika jadwal rilis tidak ditetapkan, pembuatan konten bisa memakan waktu terlalu lama dan tidak memiliki arah.
Membuat jadwal rilis juga penting untuk menghindari duplikasi konten. Memposting konten yang terlalu berdekatan tidak akan berhasil.
Jika konten pemasaran Anda ditayangkan, jangan lupa untuk menjadwalkan proses peninjauan. Langkah review ini sangat penting sebagai bentuk evaluasi konten. Cari tahu apakah konten yang dipublikasikan efektif menghasilkan traffic dan penjualan atau tidak.
Hasil audit ini dapat dijadikan referensi untuk membuat lebih banyak konten pemasaran. Penting sekali untuk terus melakukan perbaikan agar konten yang dihasilkan berfungsi efektif demi keberlangsungan bisnis Anda. Jika konten telah bekerja secara efektif, kembangkan rencana lain yang dapat memberikan manfaat lebih besar.
Contoh Video Promosi Produk
Ada banyak contoh ide pemasaran konten yang bisa Anda temukan sebagai inspirasi, seperti menampilkan cerita dalam video, mengundang influencer, menampilkan gambar beresolusi tinggi, dan menggunakan ide personalisasi. Berikut penjelasannya:
Ide konten yang sangat umum saat ini adalah menyajikan cerita dalam format video. Banyak merek menggunakan konten jenis ini sebagai ide pemasaran. Perlu diketahui bahwa masyarakat sangat suka menyajikan cerita dalam bentuk video.
Contohnya adalah merek sirup Marjan yang kerap membuat video promosi dalam bentuk cerita. Mereka membuat riwayat serial untuk iklan yang muncul. Hal ini membuat penonton menikmati ceritanya dan ingin melihat sekuelnya.
Ide pembuatan konten pemasaran berikutnya adalah dengan melibatkan influencer. Saat ini influencer mempunyai pengaruh yang sangat besar, bahkan melebihi public figure atau artis.
Content Marketing Adalah Kunci Sukses Bisnis Di Era Digital! Benarkah?
Salah satu brand yang menggunakan influencer dalam konten pemasarannya adalah Olay. Mereka membuat kampanye #FaceAnything dan membagikan video dengan 9 influencer.
Penonton juga suka melihat gambar indah beresolusi tinggi. Jenis pemasaran konten ini juga dapat bekerja secara efektif. Produk yang ditampilkan dapat terlihat dengan jelas sehingga masyarakat menjadi tertarik.
Salah satu brand yang menggunakan strategi content marketing ini adalah Rolex. Lihat saja akun media sosial mereka yang menampilkan fotografi produk dengan resolusi tinggi.
Anda juga bisa membuat ide konten pemasaran yang menekankan konsep personalisasi. Contohnya adalah merek Coca Cola yang menawarkan minumannya dalam botol dengan namanya. Ini bisa menjadi ide content marketing yang efektif untuk menarik minat audiens.
Agensi Digital Marketing
Perencanaan strategi content marketing ini harus dilakukan sebaik mungkin. Tentukan jenis pemasaran konten yang paling sesuai dengan ide bisnis Anda. Semakin tepat tujuannya maka semakin efektif langkah pemasaran ini.
Anda bisa menggunakan layanan content marketing profesional yang banyak tersedia, seperti Penulis Indonesia. Hubungi tim pemasaran kami segera untuk mendapatkan konten yang Anda butuhkan.
Demikian penjelasan mengenai langkah-langkah membuat strategi content marketing. Jangan lupa untuk membagikan artikel ini agar semakin banyak orang yang mengetahui informasi ini.
Terima berbagai artikel tentang penulisan konten, SEO, dan pemasaran digital langsung ke email Anda. Bergabunglah sekarang dan nikmati konten kreatif kami. Konten adalah raja. Pernahkah Anda mendengar istilah ini? Di dunia web, konten memainkan peran yang sangat penting. Tak hanya itu, kini ada teknik pemasaran bernama content marketing yang menjadikan konten sebagai salah satu unsur vitalnya.
Cara Membuat Konten Yang Menarik Di 2022
Mungkin Anda mengetahui pemasaran digital, pemasaran tradisional, atau pemasaran produk, namun tahukah Anda apa itu pemasaran konten? Apa yang membedakannya dengan pemasaran konvensional? Nah itulah topik pembahasan kali ini, baca terus untuk mengetahui jawabannya!
Content marketing adalah teknik pemasaran yang menggunakan konten yang menarik dan relevan untuk mempertahankan minat dan menarik pelanggan baru.
Namun jangan salah, content marketing bukanlah sesuatu yang istimewa. Pendekatan ini digunakan bersamaan dengan teknik pemasaran yang ada.
Jadi apa manfaat pemasaran konten? Sebenarnya tidak jauh berbeda dengan jenis pemasaran lainnya, yakni interaksi pelanggan yang optimal, peningkatan brand awareness, dan yang terpenting, meningkatkan traffic website dengan mengoptimalkan konten SEO.
Content Marketing Adalah Bikin Produk Seindah Desa Di Mata Orang Kota
Tahukah Anda seperti apa pemasaran konten jika diterapkan pada bisnis? Kalau masih bingung coba lihat contoh berikut ini, siapa tahu ada inspirasi yang menular:
Belakangan ini konten podcast banyak mendapat perhatian, misalnya saja podcast Deddy Corbuzier yang diunggahnya ke YouTube. Jika Anda pernah menontonnya, Anda pasti paham cara kerja podcast.
Beberapa pembuat konten dan merek terkenal melihat podcast sebagai peluang pemasaran konten yang bagus. Pilih topik yang sedang viral lalu sajikan penawaran produk secara natural.
Karena podcast dalam format audio, siapa pun dapat menikmatinya sambil melakukan hal lain, tanpa harus terpaku pada layar.
10 Contoh Konten Marketing Hebat Dengan Hasil Luar Biasa
Pada dasarnya grafik adalah poster yang memuat informasi. Bagan dapat memecah informasi kompleks menjadi grafik yang menarik perhatian.
Penulisan dilakukan di tempat agar mudah dipahami oleh pelanggan. Grafik dapat digunakan untuk menjelaskan spesifikasi, manfaat, atau cara penggunaan suatu produk.
Selain meningkatkan kepercayaan pelanggan, memiliki website merupakan salah satu tips yang baik untuk pemasaran produk. Website dapat menjangkau lebih banyak target pasar.
Namun, ada beberapa hal yang perlu diingat. Antarmuka web yang baik saja tidak cukup untuk menarik traffic jika tidak dioptimalkan dengan SEO. Jika Anda tidak mengerti, Anda bisa beralih ke profesional SEO.
Tips Pemasaran Di Instagram Dan Strategi Ampuh Untuk Sukses
Apapun strategi pemasaran yang digunakan, jika tidak diterapkan secara konsisten maka hasilnya akan sia-sia. Oleh karena itu, terapkan aturan berikut agar pemasaran konten Anda berjalan efektif:
Pasti ada alasan mengapa Anda ingin memulai kampanye pemasaran, bukan? Tujuan apa yang ingin Anda capai? Cantumkan pencapaian yang diinginkan pada lembar daftar periksa.
Tanpa tujuan yang jelas, pemasaran tidak memiliki arah yang jelas sehingga sulit menentukan apakah pemasaran berhasil atau tidak.
Kampanye biasanya dijalankan untuk meningkatkan dan membangun citra perusahaan, menarik banyak trafik ke website dan meningkatkan pendapatan.
Apa Itu Content Marketing? Ini Tujuan Dan Strateginya
Memahami target pasar dapat memudahkan Anda dalam membuat konten yang sesuai. Jawab pertanyaan seperti “Berapa rentang usia target pasar?”, “Konten apa yang paling mereka sukai?”, “Apa jadwal target pasar online?” dll.
Dalam riset konten dikenal dengan teknik Skyscrapers atau teknik pencakar langit. Idenya adalah Anda mencari konten melalui Google, lalu meneliti konten utamanya dan memikirkan bagaimana Anda dapat memperbaikinya agar lebih menarik.
Hal ini tidak berarti bahwa teknik belajar konvensional itu salah; teknik pencakar langit hanyalah perkiraan. Dengan cara ini, peluang konten untuk diperhatikan akan lebih besar.
Bingung mau membuat konten apa lagi? Atau apakah Anda lupa mengunggah konten? Apakah Anda dihantui tenggat waktu karena kontennya belum selesai? Apakah Anda mempunyai masalah ini?
20+ Contoh Content Marketing Yang Keren Untuk Bisnis
Biasanya masalah ini muncul karena pengelolaan konten yang kurang terorganisir. Pemasaran konten tidak lengkap tanpa kalender konten. Kalender ini dapat mengubah pengelolaan konten Anda secara drastis.
Cobalah meluangkan waktu untuk merencanakan semua konten yang akan dibuat di kalender. Tentukan tanggal kedaluwarsa dan tanggal publikasi konten. Gunakan Google Calendar karena memiliki fitur pengingat tugas agar tidak lupa.
Soroti keunggulan produk sehingga pelanggan mengetahui keistimewaan produk Anda.