Tips Menulis Email Yang Efektif Dan Profesional

Tips Menulis Email Yang Efektif Dan Profesional – Jika Anda sudah lama bekerja di suatu perusahaan, wajar jika Anda merasa ingin mencari promosi. Oleh karena itu, Anda harus mengetahui cara menulis email permintaan promosi pekerjaan yang benar.

Dilansir Sungguh, pesan untuk meminta promosi harus menunjukkan kelebihan Anda dalam peran dan kontribusi yang Anda berikan kepada perusahaan.

Tips Menulis Email Yang Efektif Dan Profesional

Tips Menulis Email Yang Efektif Dan Profesional

Oleh karena itu, pada bab ini kami akan membahas cara dan tips menulis email permintaan promosi serta contoh yang bisa Anda jadikan referensi.

Cara Mengirim Lamaran Kerja Lewat Email Yang Benar

Subjek email adalah hal pertama yang dilihat penerima email. Oleh karena itu, sebaiknya Anda menulis subjek email yang memberikan informasi yang jelas.

Pertama, Anda bisa langsung menulis tujuan email tersebut sebagai “permintaan untuk melamar promosi di tempat kerja” atau dalam bahasa Inggris “permintaan untuk kemungkinan promosi di tempat kerja”.

Kalimat seperti ini bisa lebih efektif dalam menyampaikan maksud dan tujuan Anda kepada pembaca. Namun, tidak semua orang menyukai pesan langsung.

Misalnya, Anda dapat menulis baris subjek seperti “Minta pertemuan untuk membahas pengembangan karier” atau “Minta pertemuan untuk membahas kemajuan karier”.

Cara Yang Tepat Untuk Mengirim Email Permohonan Lamaran Magang

Layaknya surat biasa, sebaiknya buka badan email dengan sapaan sopan seperti “Yang Terhormat Bapak/Ibu X”.

Anda kemudian dapat menjelaskan tujuan email ini dan mengapa Anda ingin menggunakannya untuk promosi penjualan.

Di paragraf selanjutnya, Anda bisa mulai membicarakan pencapaian dan kontribusi Anda kepada perusahaan agar bisa bagus untuk promosi.

Tips Menulis Email Yang Efektif Dan Profesional

Namun, jangan mencantumkan semua pencapaian atau kontribusi Anda, cukup sertakan beberapa hal yang berkaitan langsung dengan peran yang ingin Anda jalani.

38 Contoh Surat Lamaran Kerja Terbaik Yang Dilirik Hrd!

Secara struktural, Anda dapat menulis bagian ini dalam bentuk paragraf pendek. Jika ada, masukkan juga pernyataan kuantitatif seperti “Keuntungan meningkat 40%” agar pencapaian Anda lebih konkrit.

Surat atau email biasa harus ditutup dengan ucapan terima kasih. Namun pada paragraf terakhir ini, Anda juga bisa memasukkan informasi lainnya.

Nah, salah satunya menawarkan bantuan dalam mencari atau melatih orang tersebut untuk menggantikan peran Anda saat ini jika nanti Anda dipromosikan.

Hal ini akan menunjukkan bahwa Anda memiliki keterampilan kepemimpinan dan bersedia membantu divisi Anda melewati masa transisi dengan lebih lancar.

Contoh Body Email Lamaran Kerja Yang Baik & Cara Menulisnya

Sebelum Anda menulis email untuk meminta promosi, Anda harus mempersiapkan hal-hal seperti bertukar pikiran, meneliti peran yang ingin Anda ambil, dan yakin dengan kontribusi Anda kepada perusahaan.

Dari ketiga hal tersebut, yang terpenting adalah mengetahui apakah Anda memiliki keterampilan untuk pekerjaan yang ingin Anda ambil dan apakah Anda mampu mendeskripsikan pekerjaan tersebut.

Jika tidak, Anda mungkin bisa tetap tinggal sambil meningkatkan keterampilan dan berkontribusi lebih banyak kepada masyarakat.

Tips Menulis Email Yang Efektif Dan Profesional

Jika ada posisi yang lebih tinggi terbuka dan Anda merasa siap, coba kirimkan email promosi ke atasan Anda. 

Email Marketing: Pengertian, Jenis, Contoh & Strateginya

Pastikan juga atasan Anda menerima email Anda saat Anda sedang bekerja. Jangan mengirim email saat Anda sakit atau sedang berlibur karena alasan yang tiba-tiba.

Misalnya, hindari penggunaan sapaan sehari-hari “Aku-kamu” atau “Go-lo”, tetapi gunakan sapaan yang sopan seperti “Tuan-Bu” atau “Saya-kamu”.

Menulis email untuk meminta promosi pastinya sangat sulit dan sebaiknya Anda memikirkannya matang-matang terlebih dahulu. Namun jika Anda mengetahui cara dan tipsnya pasti akan lebih mudah.

Hal serupa juga terjadi pada permasalahan di dunia kerja. Jika Anda sudah mengetahui tips dan triknya, Anda akan mudah melakukan semuanya.

10 Contoh Surat Lamaran Pekerjaan Yang Baik Dan Benar Agar Dilirik Recruiter 2023

Oleh karena itu, tips seperti menulis email, tips manajemen waktu dan masih banyak lagi bisa Anda temukan di blog Sebelum mengundang brand atau orang untuk berkolaborasi, sebaiknya kenali dulu contoh para profesional dan kemitraan email kita.

Jadi bisa dibilang kolaborasi email adalah salah satu kunci sukses ketika Anda mulai berkolaborasi dengan grup lain.

Oleh karena itu, jangan anggap enteng salinan email pertanyaan kemitraan tersebut, agar kerjasama yang Anda rencanakan dapat berjalan dengan lancar.

Tips Menulis Email Yang Efektif Dan Profesional

Pada artikel kali ini kami akan memberikan informasi cara membuat akun email profesional beserta contohnya. Yuk simak selengkapnya di bawah ini.

Cara Menulis Dan Mengirim Email Baru Dengan Microsoft Outlook

Oleh karena itu, sebelum mengajak kerja sama, terlebih dahulu harus dipastikan bahwa pihak lain juga akan mendapat manfaat dari kemitraan tersebut.

Ada beberapa metode pemasaran afiliasi yang bisa diterapkan. apa itu Silakan klik tombol di bawah untuk membaca detail selengkapnya!

Oleh karena itu, agar bisnis Anda bisa meraup banyak keuntungan dengan melakukan kolaborasi seperti di atas, segera siapkan email kemitraan yang menarik.

Hal ini sangat penting karena dengan menuliskan informasi yang jelas tentang diri Anda, calon mitra Anda tidak akan kebingungan saat menerima email.

Tutorial Cara Ubah Foto Profile Akun Email

Jelaskan juga mengapa Anda memilih mereka sebagai calon mitra. Oleh karena itu, pujilah produk atau jasa yang Anda tawarkan.

Jangan lupa jelaskan apa yang Anda ingin calon pasangan Anda lakukan. Memberikan gambaran seperti apa kolaborasi yang akan dilakukan.

Ketika calon mitra menerima panggilan untuk bermitra, apa yang akan mereka terima? Anda dapat menjelaskannya di bagian ini.

Tips Menulis Email Yang Efektif Dan Profesional

Pasalnya, hal pertama yang harus diperhatikan adalah email yang Anda kirimkan dapat dengan mudah dipahami oleh banyak afiliasi.

8 Contoh Kalimat Penutup Surat Lamaran Pekerjaan Beserta Tipsnya

Agar ajakan Anda berkolaborasi mendapat respon positif, penting untuk menyiapkan email kontak yang profesional.

Hal pertama yang akan dibaca oleh calon mitra adalah subjek email. Jadi, buatlah topik yang menarik dan memikat.

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, pastikan calon mitra mengetahui apa yang harus dilakukan jika tertarik untuk bekerja sama.

Selain itu, Anda juga dapat memberi mereka waktu untuk memikirkan tawaran tersebut dan kemudian email berikutnya akan dikirimkan.

9 Tips Penting Menulis Email Formal Dalam Bahasa Inggris + Contoh Email!

Nah, setelah Anda mengetahui struktur dan tips menulis email perusahaan yang baik, sekarang coba lihat contohnya di bawah ini:

Semoga informasi diatas dapat bermanfaat bagi anda. Jangan lupa untuk membagikan artikel ini kepada rekan atau kenalan anda yang membutuhkan informasi tersebut, oke bagaimana cara mengirimkan email yang efektif dan profesional untuk meyakinkan perusahaan agar mempekerjakan anda? Temukan ide berbeda di sini!

Jika perusahaan tujuan magang Anda tidak menawarkan program magang khusus, bukan berarti Anda tidak mempunyai kesempatan magang di sana. Anda juga bisa memperjuangkan peluang tersebut dengan mengirimkan email permintaan magang. Yang penting, pastikan Anda membuat dan mengirimkan email tersebut dengan cara yang benar.

Tips Menulis Email Yang Efektif Dan Profesional

Email yang Anda kirim bukan sekedar proses. Perusahaan benar-benar mempertimbangkan Anda berdasarkan apa yang Anda tulis di dalamnya. Agar tidak salah, pastikan memperhatikan hal-hal berikut ini:

Mengembangkan Keterampilan Komunikasi Yang Efektif Untuk Kesuksesan Karier

Agar berhasil meyakinkan perusahaan untuk mempekerjakan Anda, Anda perlu menunjukkan bahwa Anda memahami perusahaan tersebut dan tidak hanya mengajukan lamaran. Dan satu-satunya cara bagi Anda untuk memahaminya adalah dengan mempelajarinya. Paling tidak, Anda harus membaca tentang sejarah singkat perusahaan, situasi bisnis saat ini, dan beberapa berita besar terkait perusahaan yang baru-baru ini keluar.

Email yang Anda kirim akan lebih efektif jika sapaan yang Anda gunakan pada salam pembuka merujuk secara khusus kepada orang yang tugasnya membaca dan mengolahnya. Untuk mengetahuinya, Anda bisa bertanya pada kenalan Anda di perusahaan tersebut atau dengan browsing LinkedIn.

Setelah salam pengantar, tambahkan paragraf pengantar pada pendahuluan singkat. Cukup sebutkan nama lengkap Anda, nama kampus dan semester berapa Anda saat ini. Tidak perlu menjelaskan terlalu banyak tentang artikel Anda karena akan membuat email menjadi terlalu panjang. Di paragraf pertama ini, Anda juga bisa menyatakan secara singkat tujuan utama email Anda. tidak perlu

Pada paragraf berikutnya, Anda harus menjelaskan lebih spesifik tentang minat Anda untuk magang. Jelaskan secara singkat mengapa Anda menginginkan program magang ini, dan apa yang Anda harapkan dari program tersebut. Anda juga bisa menjelaskan secara singkat keuntungan apa saja yang didapat perusahaan jika Anda diterima magang di sana. Oleh karena itu, hal-hal yang Anda jelaskan harus sejalan dengan perilaku atau praktik bisnis perusahaan. Inilah sebabnya mengapa Anda harus meneliti perusahaan tersebut sebelum mulai menulis lamaran Anda.

Contoh Email Penawaran Produk Yang Unik & Menarik!

Mengambil keputusan berdasarkan email singkat pasti akan sulit. Jadi, berikan lebih banyak informasi tentang diri Anda dalam bentuk resume. Jika tersedia, sertakan juga dokumen pendukung yang dapat membantu Anda meyakinkan mereka untuk mempekerjakan Anda, seperti sertifikat pelatihan atau portofolio. Pastikan juga semua file pendukung memiliki format yang mudah dibuka dan ukurannya tidak terlalu besar.

Email yang meminta lamaran magang harus jelas dan langsung pada sasaran. Namun hindari penjelasan yang panjang karena akan membosankan dan membuang-buang waktu. Anda harus terampil membuat kalimat yang efektif agar pesan tersampaikan sebelum HR bosan membaca email Anda. Idealnya, surat lamaran hanya berisi 2-4 paragraf pendek terlampir file pendukung seperti yang telah dibahas pada poin sebelumnya.

Jika Anda memutuskan untuk mengirim email lamaran magang ke beberapa perusahaan secara bersamaan, membuat template mungkin terdengar berguna. Namun, menyalin dan menempelkan salinan email yang sama berarti konten Anda harus umum. Artinya tidak akan ada perbedaan yang menarik di email Anda. Semuanya akan terdengar klise dan tidak meyakinkan. Idealnya, luangkan waktu untuk menulis email unik untuk setiap perusahaan.

Tips Menulis Email Yang Efektif Dan Profesional

Baik dalam bahasa Indonesia atau Inggris, tata bahasa yang Anda gunakan dalam email harus standar dan benar. Pemilihan kata yang salah akan membuat email terdengar ceroboh, bahkan murahan. Bahkan, Anda juga harus memastikan tidak ada kesalahan ketik pada email Anda karena itu menunjukkan bahwa Anda tidak berhati-hati dalam menjalankan tugas.

Cara Membangun Jaringan Profesional Yang Efektif Dan Berpengaruh

Setelah Anda selesai menulis, biasakan untuk membacanya kembali sebelum Anda mulai memposting. Pastikan tidak ada kalimat yang janggal atau tidak pantas. Untuk hasil yang lebih efektif, koreksi sebaiknya dilakukan berulang kali, secara perlahan. Membaca konten email Anda sendiri juga merupakan trik ampuh untuk mempelajari dan mengidentifikasi hal-hal yang perlu ditingkatkan.

Email yang dirancang dengan baik juga harus dikirim dengan baik. Apa saja metode yang dimaksud? Berikut beberapa poin penting:

Menggunakan platform email gratis tidak menjadi masalah, namun pastikan akun email Anda menggunakan nama asli dengan benar. Singkatan yang berbeda dapat digunakan. Yang penting, jangan menggunakan kata ganti atau kata ganti karena akan terlihat tidak sopan. Jika ada gambar profil di email Anda, periksa

Artikel Terkait

Leave a Comment